Pengertian dan Jenis – jenis Pendapatan

  1. 1.      Pengertian Pendapatan

Berdasarkan PSAK No. 23, pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yan timbul dari aktivitas normal perusahaan selama suatu periode bila arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dari aktivitas perusahaan yang dikenal dengan sebutan berbeda seperti penjualan, penghasilan jasa (fee), bunga,  dividen, royalti dan sewa.

  1. 2.       Jenis-jenis Pendapatan Bank[1]

Jenis-jenis pendapatan bank ada dua, yaitu pendapatan operasional dan pendapatan non operasional.

 

 

 

  1. a.      Pendapatan Operasional

1)   Pendapatan bunga debitur

Pendapatan bunga adalah pendapatan yang diperoleh dari penanaman dana bank pada aktiva produktif.

2)   Komisi dan Provisi

Komisi adalah imbalan atau jasa perantara yang diterima atau dibayar atas suatu transaksi atau aktiva. Sedangkan Provisi adalah imbalan yang diterima atau dibayar sehubungan dengan fasilitas yang diberikan atau diterima.

3)   Pendapatan atas transaksi valuta asing

Pendapatan dari kurs valuta asing berasal dari selisih kurs. Kurs ini akan dimasukkan ke pos pendapatan dalam laporan laba rugi.

4)   Transaksi berjangka valuta asing

Untuk transaksi berjangka dalam trading, selisih antara kurs yang diperjanjikan  dengan  kurs  tunai  pada  tanggal  jatuh  waktu diakui sebagai laba atau rugi transaksi valuta asing pada akhir masa kontrak.

5)   Pendapatan operasional lainnya

Contoh pendapatan operasional lainnya adalah penerimaan deviden dari anak perusahaan  atau penyertaan saham, laba rugi penjualan surat berharga pasar modal, dan lainnya.

 

  1. b.      Pendapatan Non Operasional

Pendapatan  non  operasional adalah  rupa-rupa pendapatan yang berasal dari aktivitas diluar usaha utama bank. Contohnya adalah pendapatan  dari  penjualan  aktiva tetap, penyewaan  fasilitas  gedung  yang  dimiliki oleh  bank, pendapatan  dari  observasi, dan lainnya.


[1]Mimin Widianingsih, Akuntansi Pendapatan, file di download dari http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI.AKUNTANSI/197907022005012MIMIN_WIDANINGSIH/AKUNTANSI_PENDAPATAN.pdf pada 20 Mei 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s