Pengalaman Test PCPM BI 2013

Lagi jaman-jamannya packing sebelum berangkat ke Kuala Lumpur, ada broadcast tentang test PCPM BI lah, OJK lah, kementrian-kementrian, weew, bikin galau aja, giliran mau berangkat sekolah ngapa banyak lowongan gini… Karena apply nya online, yaudah aku coba juga akhirnya, tapi aku mau cuma BI aja sih. Bikin akun, isi data dan voilaaa application made and sent. Jaman teknologi enak banget emang ya, tinggal ngadep komputer berkoneksi internet, urusan kelar.

Nah, untuk masa registrasi itu dimulai tanggal 26 Juli 2013 sampai tanggal 1 Agustus 2013. Yaudah tuh, setelah itu aku lupa aja udah apply disana. Setelah lebaran, pulang lebaran aku juga gak ada feeling apa-apa hingga tiba tanggal 18 Agustus masuk email pemberitahuan bahwa aku lulus tahap administrasi dan dapat mengikuti test tahap 1, yaitu test kemampuan umum. Aku kebagian test di UI Depok tanggal 21 Agustus 2013. Karena test nya pagi, aku bingung juga, tapi alhamdulillah dapat tebengan nginep di tempat temen, dianterin pula paginya kesana, ckckcck credit for Ias, temen yang baru jumpa pas test IELTS di IALF hahahhaa.. doi bilang, inilah yang namanya ukhuwah.

Setelah test, tanggal 27 Agustus 2013 berangkatlah aku ke Kuala Lumpur, mau registrasi sekolah.. Semua lancar hingga seminggu setelah mulai kelas, awal-awal september gitu, aku dapat email  lagi kalau aku lolos tahap 1 dan bisa mengikuti test tahap 2. Uwoooo, lagi semangat-semangat pertama masuk kelas keder juga nih.. Tapi kata bapak dan ibu, ikhtiar aja.. Yaudah, aku yang sudah apply visa minta passporku balik, dan alhamdulillah bisa. Setelah itu langsung beli tiket dan beberapa hari kemudian aku cusss balik lagi ke Jakarta. Oh ya, aku test gak sesuai jadwal, aku minta mundur sehari karena aku gak mau bolos kelas dan alhamdulillah mereka bisa nerima. Anyway, test tahap 2 adalah pengetahuan umum dan bahasa Inggris. Berhubung aku punya IELTS, jadi gak perlu ikut yang bahasa inggrisnya lagi. Alhasil test pengetahuan umum cuma sejam aja.. keluar ruangan aku sampai gak percaya aku ke Jakarta untuk 1 jam test, hohohohoooo.. Tapi seru sih… Namanya juga pengalaman pertama test-test kerja.. Test tahap 2 seputar pengetahuan mengenai bank sentral dan yang lainnya.. Ada soal yang aku inget karena saking uwownya, lambang mata uang mesir gitu deh kalau gak salah hahahahhaha..  Sama kode mata uang vietnam.. Memacu aku yang pengamat kurs gak cuma liat angkanya, tapi kode-kodenya juga..

2 Hari kemudian kembali lagi ke Kuala Lumpur,  dan 2 hari tidur disana, pagi-pagi liat email udah pengumuman lagi, aku ingat itu kamis pagi dan aku dipanggil untuk test tahap 3 sabtu pagi, LUSA!! Masya Allah…. Betapa otakku gak bisa mikir jernih.. Dan kali ini gak bisa reschedule karena test nya ada FDG dan itu udah ditentukan grup nya.. Oke, beli tiket lagi dan pulang lagi jumat pagi. Test ku tanggal 21 September di Laboratorium Psikologi TNI AU Halim. Uwooow banget.. Itu pertama kalinya aku ikut test psikologi, FDG dan wawancara.. Wallahu alam banget deh pokoknyaa.. Aku udah pasrah, aku seneng udah sampai tahap ini tapi masalahnyaa.. Kayaknya ekspektasi ortu udah kemana-mana deh.. Aku takut kalau gak lolos ngecewain mereka..😦

Kalau aku lolos lagi, aku maju ke test ke empat, yaitu medical check up dan psikiatri. Udah 3 minggu belum ada pengumuman lagi, menurut sebuah blog, emang prosesnya lama karena dari evaluasi psikologis dan FDG kemaren, mereka benar-benar cari yang kepribadiannya mereka butuhkan which is orangt-orang berjiwa leader. Wallahu alam.

Ini adalah urutan seleksi PCPM BI 2013, yang kusadur dari web nya bi.experd.com

TAHAPAN JENIS SELEKSI
Tahap Administrasi Seleksi Administrasi
Tahap 1 Tes Kemampuan Umum
Tahap 2 Tes Pengetahuan dan Bahasa Inggris
Tahap 3 Psikotes, Wawancara dan Diskusi Kelompok
Tahap 4 Tes Psikiatri dan Kesehatan
Tahap 5 Wawancara Akhir
 

Udah deket yah sama akhir? Jujur aku juga jadi berharap untuk keterima.. Tapi aku pasrahkan ke Yang Maha Tahu yang terbaik untuk hambanya, Allah SWT. Bismillah, semoga apapun hasilnya aku dan orang tua tabah heheheheh..

“Yes, whoever submits his face in Islam to Allah while being a doer of good will have his reward with his Lord. And no fear will there be concerning them, nor will they grieve. ” (Al-Baqoroh : 112)

Leave a Reply

