List Penginapan di Penang

Acara backpacker ke Penang seminggu lalu membuat aku dan partner perjalanan nyari penginapan pagi-pagi di hari Tahun baru Cina alias imlek. Aku emang mau go show aja, jadi gak pake booking dulu. Tapi tetep sebelumnya aku baca referensi biar sampai sana gak buta-buta banget. Aku cuma tau daerah yang banyak penginapannya itu Love Lane dan Chulia street. Nah, kita minta driver bus rapid yang kita naikin untuk turun di Chulia street. Sekedar informasi dan gambaran, Chulia street itu nama jalan raya sedangkan untuk Love Lane itu kayak nama gang. Makanya waktu bilang minta turun di Chulia street, drivernya tanya, Chulia street mananya? Karena itu jalan panjang. Kita bilang mau cari penginapan, dia bilang di Love Lane aja. Oh, pas banget. Love Lane juga emang salah satu referensi kita. Setelah turun, langsung masuk gang yang tulisannya Love Lane, dan kita samperin deh penginapan-penginapan disitu. Daaaaan aku nemuin hostel-hostel yang pernah aku baca sebelumnya. Di dalem Love Lane ada gang lagi namanya Muntri, disitu juga ada penginapan yang kita samperin. Tapi semuanya full booking dong. Aaaaakkk udah jalan muter-muter bawa backpack capek juga.. Tapi kita gak nyerah.. Terus jalan sampai daerah Mesjid Kapitan. Ada penginapan yang kosong tapi harganya mahaaal, yaudah akhirnya aku bilang kita yang penting cari tempat makan aja biar bisa duduk istirahat sambil minum. Pas mau jalan lagi, aku nengok kanan ke arah jalan Lebuh Queen dan lihat ada papan bertulis HOTEL, tapi gak kelihatan apa namanya. Muncul secercah harapan. Itu yang terakhir kita tanya deh. Dan Alhamdulillah.. Kita dapet kamar juga dan bisa masuk saat itu juga tanpa kena charge early check in. Kena kamar family suite buat ber-4 dengan fee 180 rm. Lumayanlah, kamarnya bersih walau agak kecil, tapi kamar mandi dalam dan ada TV. Kamar kita juga kaya deket balkon yang kayanya buat jemuran tapi lumayan bisa lihat pemandangan karena balkonnya ada dilantai 4. Perfect! Akhirnya pada mandi dan istirahat. Dan kebetulan aku kena sakit bulanan, jadi untuk beberapa jam ngeriung aja di kasur. Hehehehe..

Setelah pengalaman muter-muter nyari penginapan, aku buat list penginapan yang aku rekomendasikan untuk trip pribadiku (lagi), atau mungkin keluarga dan teman yang mau kesana dan juga buat yang baca tulisan ini.

1. Queen City Hotel

 

Lobby Hotel (resource from google)

Ini tempat aku menginap, ada terletak di Jalan Lebuh Queen. Deket sama restoran Kapitan yang cukup terkenal. Depannya ada kuil india gitu tapi lupa namanya, cuma cukup terkenal katanya. Disamping jalannya ada kuil Cina gitu. Ohya, ini kaya daerah mini India. Sepanjang mata ketemunya orang India. Aku rekomendasiin karena kamarnya oke, resepsionisnya baik banget. Hotel ini cocok buat keluarga. Ohya, ini aku nemu web nya juga http://www.queencityhotel.com.my/ . Aku rekomendasiin berdasarkan pengalaman loh ya, bukan iklan.

2. The 80’s Gueshouse

Tampak Depan (Resource from Google)

Hostel ini terletak di Love Lane. Kamarnya emang penuh cuma resepsionisnya waktu itu ramah aja. Dia ada kamar dorm jadi buat para backpacker lumayanlah. Per-malam mulai dari 30 rm per-orang. Ohya, The 80’s ini ada 2, waktu itu mbak-mbak yang jaga bilangcoba ke 80’s yang kedua aja, tapi ternyata penuh juga.

3. Muntri House

Lobby Muntri House (Resource from Google)

Terletak di gang Muntri di dalam Love Lane. Hostel ini terlihat menarik juga, harganya juga oke. Waktu itu penjaganya orang Indonesia dong. Cuma sayang waktu itu penuh dan pemiliknya baru bisa tau kosong apa nggak setelah masa check out. Gak mungkin nunggu akhirnya kita tinggalin tempat ini.

4. Old Penang Guesthouse

    

Tampak Depan (Resource from Google)

Masih di Love Lane, Old Penang ratingnya juga lumayan kece nih. Dia sederet sama Red Inn dan Reggae Gueshouse. Waktu itu aku gak coba masuk reggae karena kurang sreg dan Red inn juga kayaknya tutup karena imlek. Old Penang juga cocok buat budget traveller, kamarnya rata-rata tipe dorm.

5. Ryokan Chic Hostel

Tampak Depan (Resource from Google)

Berlokasi di Muntri Street, aku sempat liat Ryokan juga tapi lupa kenapa gak masuk dan nanya-nanya. Konsep Ryokan ini kayanya mirip-mirip sama yang di Petailing Jaya. Reviewnya juga bagus nih di TripAdvisor.

6. Tofu Cafe Beds and Bikes

Salah satu kamar dorm (Resource from Google)

Kalau ini aku baru nemu dari browsing-browsing. Liat-liat di web kayaknya oke juga. Modelnya dorm gitu dan cukup menarik buat jadi referensi penginapan. Ohya, Tofu ini adanya di jalan Lebuh Pantai. Kemaren aku lewat Lebuh Pantai tapi mungkin kelewatan nih jadi gak liat ada hostel ini. 

Sebenernya masih ada lagi tapi aku lupa.. Nyesel gak nyatet waktu di Penang. Nanti kalau ingat aku update lagi deh. Bagiku, keramahan itu penting. Rata-rata resepsionis dengan sopan ngasih tau kalau kamarnya pada penuh tapi ada juga loh yang ketus gitu. I already put the hostel in my black list! Hohohoho.. Sekian dulu deh..

 

Leave a Reply

