Kuala Lumpur – Singapore One Day Trip

Untuk yang kedua kali-nya mengunjungi negara tetangga yang lain, Singapore! Kali ini dari Kuala Lumpur, bukan Jakarta. Lagi, tidak seperti sebelumnya menggunakan jalur udara, kali ini saya melewati jalur darat. Trip kali ini saya diharapkan jadi guide, beuh padahal kan terakhir kesana tahun 2010, lupa lupa inget. Tapi gapapalah, saya anggap ini challenge perjalanan saya kali ini, Hahahah..

Perjalanan saya mulai dari Kuala Lumpur, berangkat dari Terminal Bersepadu Selatan menuju Johor Baru. Kenapa nggak langsung ke Singapore? Pertama lebih mahal, kedua pengen ngerasain aja mampir di Johor. Terus kenapa gak naik kereta? Soalnya tiketnya abis, gimana dong? Kereta emang moda transportasi favorit kayanya, karena cepet banget abis dan gak bisa tuh beli dadakan, kudu jauh hari. Saya dapat bis yang jam 11 PM karena yang jam 11.59 PM abis, tapi Alhamdulillah delay jadinya sampai Johor tetep jam 4an. Kebayang kalau nyampenya jam 3an, mati gaya abis di terminal Johor. Ohya, destinasi saya di Johor namanya Terminal Larkin.

Sambil nunggu subuh, saya lihat-lihat sekitar terminal. Singkatnya, setelah subuh, saya naik bis Causeway Link tujuan Queen Street dengan tarif 2.60 RM per-orang. Dari terminal, sekitar 8 menit, kita sampai ke Imigrasi Malaysia, turun dari bis, terus setelah selesai saya antri lagi naik bis yang sama. Gak mesti bis yang kita tumpangin tadi, tapi bis causeway link apa aja. Nah, yang perlu dicatat, Pegang tiketnya terus karena sebelum naik lagi kita harus nunjukkin ke supir bis. Jalan lagi, macet bok mau masuk Sinpagore, kita sampai di Imigrasi Singapore dan mengalami proses yang sama kaya tadi. Selesai urusan, ngantri lagi naik causeway link, antrinya panjang gila. Ohya, jangan lupa antr di jalur yang benar, kemaren kita antri di tempat yang salah dan ulang lagi dong zzzz banget.

Whatever. Prediksi nyampe jam 9.30 eh sampe Queen street terminal jam 11. Lagi terik banget diluar huffft. Yaudah gak pakai buang waktu kita ke mesjid sultan, dari keluar terminal langsung keliatan kok kubah mesjid. Jalan aja menuju kesana. Setelah dari mesjid, lumayan numpang cuci muka dan gosok gigi as well as dhuha, hahaha.. Kita jalan ke MRT Bugis, tujuannya mau ke St Harbour front, Kita mau ke sentosa Island. Ohya, biar hemat, kita beli Singapore Tourist Pass yang bisa digunakan untuk naik MRT dan beberapa bus selama di Singapore. Untuk yang mau muter-muter banyak, ya enaknya pakai kartu ini. Untuk sehari harganya 10 SGD dengan jaminan kartu yang bisa di refund sebesar 10 SGD. So, totalnya 20 SGD. Oh ya tersedia juga untuk yang 2 hari dan 3 hari. Nah, dari  harbour front tinggal ikutin petunjuk aja. Kita bakal lewatin mall namanya Vivo city untuk menuju ke sentosa. Naik aja ke lantai 3 untuk beli tiket kereta express ke sentosa Island. Harganya 4 SGD. udah deh kita muter-muter, foto-foto juga. Panas banget ga kuaatttt,,, tapi ya harus terus jalan. Waktu sempit. Sesudahnya kita sempat makan dulu di Vivo city mall di lantai paling bawah. Ada food court namanya kopi tiam. Ada daerah makanan halalnya. Lumayanlah gak terlalu mahal disana.

Abis itu kita ke Garden by the bay. Dari harbour front naik ke St Bayfront. Dari bayfrint kita bisa milih mau ke marina bay atau garden by the bay. Tinggal ikutin petunjuk aja. Sayang gak bisa banyak explore karena waktu, Abis foto-foto kita balik lagi ke Bugis buat salat di mesjid sultan karena gak nemu mesjid. Susah ih nemu mesjid disana😦 udah salat, kita Esplanade sama merlion park. Caranya dari kita harus menuju St Raffles place. Dari sana kita bakal bisa menjangkau Merlion park, esplanade dan sekaligus panorama di Raffles karena daerah itu kaya KLCC dan ampang park nya Malaysia gitu deh, ada signature negara. Nah, deket St Raffles ada mesjid. Jadi gak perlu jauh-jauh salatnya. dari St Raffles ikutin arah yang G (Kalau ke merlion park arah H).

Setelahnya kita balik lagi ke Bugis untuk ke Bugis street lihat-lihat souvenir. Gak lama, kita ke Queen street terminal lagi untuk balik ke Johor. Antriannya panjang jugaaa akkk.. Ohya tarif bisnya 2.5 SGD. proses yang sama bakal kita lewatin kaya berangkat, tapi lebih sepi aja karena udah malem. Sampai Terminal Larkin masih sempat makan dulu sambil nunggu bis berangkat. Jam 11.59 PM berangkat deh bis nya balik ke KL…..

Dari perjalanan ini ada beberapa yang gak kesampaian. Pertama, nongkrong di Orchad. Kedua, foto-foto di Henderson waves. Ketiga, kita gak banyak jelajah di Garden by the bay. Tapi overall, all iconic Singapore udah ke cover lah..